PUSAT PENELITIAN, PENGEMBANGAN dan PENGABDIAN MASYARAKAT (LITBANG-PENGMAS) SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN MUHAMMADIYAH PONTIANAK

 VISI

TERCIPTANYA TENAGA PENGAJAR YANG PROFESIONAL, MEMILIKI LOYALITAS DAN INTEGRITAS TINGGI PADA CATUR DHARMA PERGURUAN TINGGI

 MISI

  1. MEMOTIVASI TENAGA PENGAJAR UNTUK SENANTIASA BERKOMITMEN DALAM MELAKUKAN PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT.
  2. MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA PENGAJAR MELALUI PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL.
  3. MENYEDIAKAN FASILITAS PENDUKUNG BAGI PENYELENGGARAAN PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT.

LANDASAN HUKUM

  1. Undang-Undang Dasar 1945
  2. Undang-Undang Nomor 18 tahun 2002 tentang Sistem nasional penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. UU RI No 20 tahun 2003 pasal 20 ayat 2, dinyatakan Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.
  4. Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  5. Peraturan presiden nomor 7 tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan jangka Menengah tahun 2004-2009.
  6. Dengan dilaksanakan Tri Dharma perguruan Tinggi diharapkan ada keterkaitan ataupun kemanunggalan antara Perguruan Tinggi dan masyarakat.

PROFIL PUSAT LITBANG PENGMAS

Pusat penelitian dan pengembangan adalah unsur yang menjalankan semua kegiatan penelitian para Dosen dan Pengembangan baik berupa pengabdian masyarakat dan sebagainya.Pusat penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat adalah unsur yang menjalankan semua kegiatan penelitian para dosen dan pengembangan baik berupa pengabdian masyarakat maupun kegiatan lainnya.

Pusat Pusat Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (Litbang Pengabmas) STIK Muhammadiyah Pontianak adalah unsur pelaksana Catur Dharma perguruan tinggi yaitu melaksanakan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan yang bertugas menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan ilmu, teknologi, dan seni dalam rangka mencapai tujuan Institusi.

Pusat Litbang Pengabmas merupakan wujud kepedulian perguruan tinggi sebagai lembaga yang menghasilkan tenaga intelektual untuk senantiasa berpartisipasi dalam penelitian, pengembangan, dan pengabdian masyarakat.

Pada Tahun 2015, tepatnya pada bulan Januari, unit Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat beralih menjadi Pusat Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Keberadaan Pusat Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (Litbang Pengabmas) di STIK Muhammadiyah Pontianak diharapkan dapat menjadi jembatan munculnya motivasi untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat di kalangan tenaga kependidikan, sekaligus dapat berfungsi sebagai lahan pelatihan untuk melahirkan karya-karya yang dapat dibanggakan secara ilmiah sehingga ide-ide brilian yang sangat potensial dapat direalisasikan sebagai karya penelitian dan pengembangan yang berkualitas. Dengan demikian, kehadiran Pusat Litbang Pengabmas diharapkan menjadi produsen berbagai perangkat keilmuan yang dibutuhkan oleh institusi dalam menghadapi tantangan global.

Penelitian atau riset (research) merupakan kegiatan yang menghasilkan suatu karya tulis berdasarkan hasil kajian kepustakaan maupun penelitian lapangan (klinik dan Laboratorium), dilakukan dari penemuan masalah untuk dianalisa atau diolah agar menghasilkan suatu kesimpulan. Karakteristik suatu metode ilmiah adalah sebagai berikut :

  1. Bersifat kritis dan analitis, suatu metode yang menunjukkan adanya proses yang tepat dan benar untuk mengidentifikasi masalah.
  2. Bersifat logika, suatu metode yang digunakan dapat memberikan argumentasi ilmiah.
  3. Bersifat objektif. Metode dapat menghasilkan penyelidikan yang dapat dicontoh
  4. Bersifat konseptual dan teoritis. Metode yang mengarahkan bahwa proses penelitian yang dijalankan harus memiliki pengembangan konsep dan struktur yang jelas, agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
  5. Bersifat empiris.

TUJUAN PUSAT PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

  1. Tujuan Umum

Untuk mengembangkan ilmu dari berbagai pengetahuan yang telah ada, serta adanya fakta dan temuan-temuan baru sehingga dapat disusun sebuah teori, konsep, hukum, kaidah atau metodologi baru yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang ada.

  • Tujuan Khusus
  1. Sebagai wadah untuk menelaah kegiatan dosen dalam penelitian.
  2. Untuk mengarahkan institusi dalam pengembangan penelitian Sumber daya manusianya.
  3. Sebagai sarana mengevaluasi hasil penelitian up to date dari Dosen STIK Muhammadiyah Pontianak.
  4. Meningkatkan motivasi dosen dilingkungan STIK Muhammadiyah untuk membudayakan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  5. Menemukan adanya teori-teori baru atau produk yang baru untuk dimanfaatkan dilingkungan STIK Muhammadiyah atau pada masyarakat luas.
  6. Mengembangkan hasil penelitan yang sudah ada dan mempublikasikan dalam jurnal ilmiah.
  7. Sebagai sarana untuk pengembangan kualitas sumber daya manusia melaui pelatihan dan workshop