Disable Preloader

STIK Muhammadiyah Raih HIbah Ristekdikti

Info LITBANG

STIK Muhammadiyah Raih HIbah Ristekdikti

Dua dosen STIK Muhammadiyah Pontianak, Dr. Lidia Hastuti, APP., M.Kes dan Ns. Kharisma Pratama, MNS, berhasil lolos hibah penelitian Ristekdikti yang berfokus pada isu Gender Equity and Social Inclusion (GESI). "Pengumuman penerima pendanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Ristekdikti baru kemarin Senin (25/2). Alhamdulillah, ada dua orang dosen STIK Muhammadiyah Pontianak yang lolos hibah penelitian tersebut." kata Dr. Suriadi, MSN., AWCS selaku Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi (P2MI).

Kepala P2MI menceritakan hibah penelitian tersebut dibuka pendaftarannya pada September 2018 dengan mengangkat isu GESI setidaknya ada puluhan ribu proposal peneltiian dan pengabdian kepada masyarakat yang masuk dari seluruh institusi perguruan tinggi seluruh Indonesia. Pada usulan penelitian tersebut, Bu Lidia mengusulkan topik penelitian fungsi seksual pada wanita yang mengalami kekerasan seksual dan Pak Kharisma mengusulkan topik penelitian pencegahan ulkus kaki diabetikum pada pasien diabetes di daerah pedalaman. Selama ini, dosen STIK Muhammadiyah juga kerap mengajukan usulan penelitian pada hibah Ristekdikti, namun baru kali ini usulan tersebut lolos mendapatkan hibah Ristekdikti.

Sebelumnya, dua orang dosen tersebut mengikuti kegiatan workshop penyusunan proposal penelitian berdimensi GESI sehingga bisa memperkuat analisa dalam pengusulan penelitian tersebut. Tidak hanya mengikuti workshop tersebut, P2MI juga memfasilitasi seluruh dosen dalam kegiatan workshop strategi lolos hibah Ristekdikti. Hal inilah yang bisa memperkuat lolosnya hibah penelitian Ristekdikti.

Ketua STIK Muhammadiyah Pontianak merasa bangga dengan prestasi yang diraih dosen STIK Muhammadiyah Pontianak tersebut. "Makin bangga saya karena dosen STIK Muhammadiyah juga lolos hibah Ristekdikti membawa nama institusi di kancah Nasional. Ini juga bisa jadi contoh yang baik untuk dosen lainnya supaya bisa berprestasi lebih banyak lagi", katanya.

Comments
Leave a Comment