Profile

Pendahuluan

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai komponen pilar catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah memiliki peran penting untuk mewujudkan visi STIK Muhammadiyah Pontianak. Selaras dengan salah satu fungsi STIK Muhammadiyah Pontianak adalah menggiatkan penelitian yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan kepada masyarakat serta menyelenggarakan pengabdian masyarakat melalui pelayanan pendidikan (pelatihan) dan pelayanan keperawatan yang Islami dan profesional. Dengan demikian, kegiatan penelitian di STIK Muhammadiyah Pontianak perlu diselenggarakan untuk menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk meningkatkan kualitas individu dan masyarakat serta mendukung pembangunan baik tingkat daerah maupun nasional, serta berkontribusi pada pemecahan masalah Internasional.

 

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di STIK Muhammadiyah Pontianak mengacu pada Rencana Induk Penelitian dan Rencana Strategis Pengabdian kepada Masyarakat. Adapun bidang unggulan penelitian STIK Muhammadiyah Pontianak adalah Kesehatan: Trauma akut, kronik dan critical care. Sedangkan, fokus penelitian ataupun topik penelitian STIK Muhammadiyah Pontianak mengarah pada: 1) upaya pengelolaan penyakit kronik: jantung, stroke, diabetes, kanker, dan gangguan hematologi; 2) penggunaan sumber alam hayati dan keselamatan pasien; 3) upaya penurunan risiko dan sakit jiwa serta pemeliharaan dan peningkatan kesehatan jiwa; 4) upaya pemeliharaan kesehatan reproduksi, kesehatan ibu dan anak; 5) penanganan pasien penyakit akut dan pemeliharaan pasien perawatan kritis.

Pada dasarnya esensi dari penyusunan RIP adalah pengembangan roadmap penelitian. Penyusunan roadmap penelitian diharapkan menjadi dasar peningkatan kualitas perguruan tinggi dan suasana akademik yang kondusif. Di samping itu, produk penelitian diharapkan menjadi acuan pengembangan dan penerapan praktik-praktik pendidikan maupun non kependidikan bagi masyarakat, dunia usaha/industri, dan stakeholders lainnya dalam lingkup lokal, regional, nasional, maupun internasional.

Dasar Hukum Pendirian dan Struktur Organisasi Puslitbangmas STIK Muhammadiyah Pontianak

Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah Pontianak lahir sebagai wujud dan komitmen Persyarikatan Muhammadiyah dalam pengembangan sumber daya manusia melalui bidang pendidikan khususnya di Kalimantan Barat. Berawal dari Akademi Keperawatan Muhammadiyah Pontianak yang berdiri sejak 1992. Selanjutnya, diputuskan konversi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak yang berdiri pada tanggal 15 Juni 2006.

Berdasarkan pasal 20 UU Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional dinyatakan bahwa dharma perguruan tinggi adalah kegiatan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat. Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STIK Muhammadiyah Pontianak yang disingkat Puslitbangmas STIK Muhammadiyah Pontianak didirikan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak Nomor 90/KEP.II.1.AU/SK/F/I/2009 Tentang Pendirian Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Secara struktural, Puslitbangmas STIK Muhammadiyah Pontianak merupakan salah satu pusat pengelola teknis di STIK Muhammadiyah Pontianak yang dijadikan sebagai pusat dari seluruh pengelolaan serta pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, guna melaksanakan chatur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah. Selain itu, Puslitbangmas STIK Muhammadiyah Pontianak merupakan aplikasi dari akhlak segenap civitas akademika STIK Muhammadiyah Pontianak dalam mengembangkan keilmuan dan menjadikan ilmu bermanfaat untuk masyarakat melalui pengembangan inovasi dan kreativitas pengetahuan, ilmu dan teknologi.

 Visi

Menjadi pusat pengembangan sistem pendidikan, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat yang kompetitif

Misi

  1.    Menyelenggarakan bidang penelitian keunggulan inovatf, bermutu dan kompetitif.
  2.    Menyelenggarakan kegiatan keunggulan dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.
  3.    Menyelenggarakan sinkronisasi kegiatan pengabdian masyarakat dengan  penelitian.
  4.    Menyelenggarakan kegiatan bidang kesehatan berbasis penelitian dan pemberdayaan masyarakat dalam pencapaian kesejahteraan masyarakat.
  5.    Menyelenggarakan pengadaan sarana dan prasarana yang memadai dalam mendukung kegiatan penelitian.
  6.    Menyelenggarakan kegiatan kerjasama dengan institusi swasta dan negeri baik nasional maupun internasional dalam memperkuat kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pusat Penelitian Keperawatan

Pusat penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan inovasi (P2MI) STIK Muhammadiyah Pontianak didedikasikan untuk menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh institusi, dosen, mahasiswa, dan sistem keperawatan yang mempraktikkan perawat dan peneliti untuk memajukan ilmu keperawatan dan teknologi. P2MI berfokus pada empat bidang utama yang berkonsentrasi pada mengoptimalkan kesehatan di seluruh spektrum, dari penemuan hingga terjemahan. Bidang keunggulan penelitian ini adalah:

  • Penanganan pasien trauma/ luka dan pemeliharaan pasien perawatan kritis:

Perawat memainkan peran penting dalam mengevaluasi dan melakukan perawatan pada klien yang sakit parah atau cedera parah, serta mengelola biaya sosial dan emosional yang terkait dengan perawatan mereka.

Penelitian STIK Muhammadiyah Pontianak berfokus pada identifikasi penyebab umum dari cedera utama, trauma dan atau luka, faktor-faktor yang mempengaruhi, deteksi awal kemungkinan adanya masalah, pencegahan adanya masalah, perawatan yang tepat untuk individu sakit akut/ trauma dan atau luka dan orang-orang dengan cacat jangka panjang, dan segala biaya terkait.

Peneliti akan memelakukan penelitian yang bermakna yang dapat diterjemahkan ke dalam kebijakan dan praktik perawatan kesehatan kepada masyarakat.

  • Upaya pengelolaan penyakit kronik: jantung, stroke, diabetes, kanker, dan gangguan hematologi.

STIK Muhammadiyah Pontianak berkomitmen dalam penelitian yang akan membantu dalam memahami, mencegah dan perawatan dan intervensi penyakit dari menemukan cara baru untuk mendeteksi penyakit, memperbaiki, dan meningkatkan penyembuhan pada individu, keluarga dan masyarakat.

  • Upaya pemeliharaan kesehatan reproduksi, kesehatan ibu dan anak

Kesehatan wanita berfokus pada perawatan  wanita sepanjang hidup mereka, dari perawatan rutin hingga kehamilan, reproduksi, persalinan, dan menopause. Kesehatan wanita meliputi pemeriksaan pencegahan, diagnosa dan perawatan penyakit dan kondisi yang memengaruhi wanita, dan pengobatan ibu-janin untuk ibu hamil dan bayi mereka yang belum lahir. Penelitian Kesehatan dan Kesejahteraan Anak, Remaja dan Keluarga. Kedua kelompok bertujuan untuk melakukan penelitian berkualitas tinggi, etis dan dapat diakses yang akan mendukung perempuan, bayi, anak-anak dan keluarga mereka melalui semua tahap periode bersalin dan masa kanak-kanak, dalam budaya kemitraan dan inklusif. Penelitian dalam tema ini mengidentifikasi dan meneliti faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan dalam keluarga, mengeksplorasi pengalaman kesehatan buruk pada ibu, bayi, anak-anak dan keluarga, dan mengevaluasi strategi untuk meningkatkan kesehatan keluarga dan pemulihan individu. Semua penelitian dilakukan dengan dan untuk klien kami dan dirancang agar relevan dengan kebutuhan mereka, dan dengan kebutuhan mereka yang bekerja di layanan kesehatan, mengembangkan kebijakan kesehatan, dan mendorong perubahan inovatif dalam pemberian layanan. Memimpin, memberikan dan mengevaluasi program Kesehatan Masyarakat universal untuk anak-anak usia sekolah dan remaja, baik di sekolah maupun di masyarakat, pendekatan berbasis bukti untuk memberikan program atau intervensi yang efektif biaya yang berkontribusi pada kesehatan anak-anak dan remaja dan kesejahteraan mis. pengurangan obesitas pada masa kanak-kanak dan tingkat kehamilan di bawah 18 tahun,  memaksimalkan sumber daya dan memanfaatkan keahlian profesional terampil lainnya, transisi yang mulus ke sekolah, dari sekolah dasar ke sekolah menengah dan transisi ke masa dewasa, dukungan utama untuk anak-anak dan remaja dengan kebutuhan kesehatan yang kompleks dan / atau tambahan termasuk pendidikan, pelatihan dan dukungan untuk keluarga, penjaga dan staf sekolah. Mengidentifikasi anak-anak dan remaja yang membutuhkan pertolongan awal dan jika perlu memberikan dukungan untuk meningkatkan peluang hidup mereka dan mencegah pelecehan dan pengabaian, risiko terlibat dalam geng atau kekerasan pemuda. Berkontribusi sebagai bagian dari tim multi-lembaga, untuk mendukung anak-anak, remaja dan keluarga, terutama mereka yang memiliki banyak kebutuhan. Mendukung anak-anak yang rentan termasuk anak-anak dalam pengasuhan dan dukungan untuk pengasuh mereka (termasuk orang muda yang berhubungan dengan sistem Keadilan Pemuda).

  • Penggunaan sumber alam hayati dan keselamatan pasien

Terapi komplementer/ alternatif adalah domain luas sumber daya penyembuhan yang mencakup sistem kesehatan, modalitas, dan praktik serta teori dan keyakinan yang menyertainya, selain yang intrinsik dengan sistem kesehatan dominan masyarakat atau budaya tertentu dalam periode sejarah tertentu. Terpi komplementer mencakup semua praktik dan gagasan   sebagai mencegah atau mengobati penyakit atau meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Terapi komplememter mengkategori sebagai terapi pelengkap yang mencakup: terapi pikiran-tubuh, sistem perawatan kesehatan alternatif, terapi berbasis biologis, terapi manipulatif dan berbasis tubuh, dan terapi energi yang mencakup terapi yang awalnya termasuk dalam kategori biofield dan bioelektromagnetik, mengembalikan keseimbangan dan memfasilitasi respons penyembuhan tubuh sendiri daripada menargetkan proses penyakit individu atau menghentikan gejala yang menyusahkan. Karena itu mereka mungkin meresepkan paket perawatan, yang akan mencakup modifikasi gaya hidup, perubahan pola makan, dan olahraga serta perawatan khusus, konseling dan rejimen latihan, panduan tentang pernapasan dan relaksasi, saran diet, dan lainnya sesuai dengan   kondisi tertentu.

  • Upaya penurunan risiko dan sakit jiwa serta pemeliharaan dan peningkatan kesehatan jiwa

Peran perawat kesehatan mental adalah untuk menumbuhkan kesehatan dan kesejahteraan individu yang mengalami perubahan dalam status kesehatan mental mereka. Dalam hal ini penelitian memfokuskan pada pendekatan perawatan meliputi: promosi kesehatan mental, pencegahan dan pengobatan penyakit mental akut dan pemeliharaan kesehatan optimal bagi orang yang mengalami masalah kesehatan mental yang bertahan lama. Perawat kesehatan mental terlibat dalam aktivitas terapeutik dengan individu dan keluarga  dalam berbagai pengaturan komunitas dan di rumah sakit jiwa psikiatrik akut.

Dalam upaya menciptakan karya–karya ilmiah pada lima bidang garapan, akan menghasilkan sebuah inovasi klinik. 

Inovasi Klinis:

Suatu  pendekatan dengan menggunakan ide, proses, produk, prosedur atau intervensi dan perubahan sistem pelayanan keperawatan kesehatan untuk memberi manfaat bagi kesehatan individu, kelompok dan masyarakat. Dimaksudkan  disini adalah inovasi klinis meliputi penerapan model perawatan, perangkat, dan teknologi baru, serta metode.

Aplikasi dan Terjemahan hasil penelitian

Penerjemahan basis bukti ke dalam praktik, kebijakan, dan peningkatan kesehatan masyarakat yang mengacu pada penyebaran luas dan adopsi intervensi yang dapat memiliki efek signifikan pada kesehatan masyarakat.  Intervensi keperawatan dirancang untuk meningkatkan  pada target kesehatan populasi, akses, sistem pemberian layanan kesehatan, profesional perawatan kesehatan. Hasil yang dapat disebarluaskan adalah untuk meningkatkan kualitas perawatan kesehatan secara substansial, dengan mempertimbangkan jenis perawatan alternatif dan pemberian perawatan.

P2MI STIK Muhammadiyah Pontianak berfokus pada bidang utama yang berkonsentrasi pada optimalisasi kesehatan di seluruh spektrum, dari penemuan hingga terjemahan. Masing-masing bidang menyediakan platform untuk membangun profil penelitian dan konektivitas dalam komunitas ilmiah. Peneliti akan menggunakan sumber daya dari masing-masing untuk menambah keahlian mereka. Dasar-dasar penting dari bidang termasuk eksplorasi sains melintasi kontinum usia dan pencarian pengetahuan yang harus dieksplorasi dalam populasi baik dan buruk. Bidang penelitian keunggulan akan mendukung sinergi keseluruhan inisiatif penelitian di STIK Muhammadiyah Pontianak. Mereka membangun kekuatan institusi yang ada dan potensi masa depan, secara konseptual luas untuk memungkinkan banyak peluang bagi peneliti untuk mengembangkan dan menumbuhkan kemitraan kolaboratif dan akan memandu upaya rekrutmen peneliti.

 Penghargaan Hasil Desiminasi Penelitian Dosen, Dosen dan Mahasiswa

Mahasiswa:

  1.    2013 : best oral presentation pada International Nursing Student Forum ke 4 (empat) di Thailand atas nama Parliani
  2.    2014 : best oral presentation pada International Nursing Student Forum ke 5  di Pontianak –Indonesia  atas nama Juliansyah
  3.    2014 : best poster presentation pada International Nursing Student Forum 5 di Pontianak –Indonesia  atas nama Sena 
  4.    2016 :  best oral presentation pada International Nursing Student Forum ke 7 (lima) di Guang Zhou China   atas nama Juliansyah
  5.    2016 :  best oral presentation pada International Nursing Student Forum ke 7 (lima) di Guang Zhou China   atas nama Aditya Ananda
  6.    2017 : best oral presentation pada International Nursing Student Forum ke 8 (lima) di Palambang atas nama Nesiya  
  7.    2018 : best poster presentation pada International Nursing Student Forum ke 8 (lima) di Thailand  atas nama Praja yunanda  

Dosen dan mahasiswa

  1.    2018 : Prize award pada acara summer program conference Tokyo University atas nama Andi Hijratul asward dan Suriadi

 Dosen

  1.    2012 : Prize award pada acara World Union Wound Healing Society, di Yokohama Jepang tim : Supriadi dan Suriadi
  2.    2016 : Prize award pada acara summer program conference Tokyo University atas nama : Suriadi
  3.    2017 :   best oral presentation pada International Nursing Student Forum ke 8 (lima) di Palembang atas nama Gusti Jhoni Putra
  4.    2017 : best oral presentation pada International Nursing Conference di UNIBRAW  atas nama Kharisma Pratama
  5.    2017 : best poster pada 2nd Borneo International Nursing Conference di STIK Muhammadiyah Pontianak atas nama Gusti Jhoni Putra
  6.    2017 : best poster pada 2nd Borneo International Nursing Conference di STIK Muhammadiyah Pontianak atas nama Usman

Reviewer Jurnal internasional  

  1.    Suriadi , Ph.D
  2.    Haryanto , Ph.D
  3.    Dr. Lidia hastuti

Dosen peneliti dengan jumlah H-Index scopus

  1.    Suriadi ,Ph.D      dengan  H Index   4
  2.    Haryanto  , Ph.D   dengan  H  Index 1

 Jumlah hasil penelitian  jurnal nasional dan international

Tahun

Internasional

terindex

scopus

& bereputasi

Intenasional

Nasional

dengan

ISSN

2004

1

 

 

2006

1

 

 

2008

1

 

 

2012

1

 

 

2013

 

1

 

2014

 

1

 

2015

 

1

4

2016

2

1

5

2017

1

3

6

2018

 

2

 

 

Kerja sama internasional dalam Penelitian

  1.    Tokyo University dari 2013 hingga sekarang
  2.    Kanazawa University dari 2013 hingga sekarang
  3.    Unimas Malaysia dari 2018 hingga seakarang  

 

Departemen Keilmuan  

Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Muhammadiyah Pontianak memiliki 4 (empat departemen):

  1.    Departemen Medikal Bedah dan Gawat Darurat
  2.    Departemen  Jiwa dan Komunitas
  3.    Departemen  Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar 
  4.    Departemen Anak dan Maternitas

 Dosen Peneliti

STIK Muhammadiyah Pontianak telah memiliki sumber daya peneliti yang cukup baik dan terjabarkan sebagai berikut: 

Dosen Peneliti Utama

1

Suriadi, Ph.D, AWCA

STIK MUH PTK

2

Dr. Sitty Syabariah, MS. Bio.Med

STIK MUH PTK

3

Dr. Wida Kuswida Bhakti

STIK MUH PTK

4

Dr. Lidia

STIK MUH PTK

5

Haryanto, Ph.D 

STIK MUH PTK

6

Cau Kim Ju, Ph.D

STIK MUH PTK

Dosen Peneliti Pemula

1

Tutur Kardiatun, M.Kep

STIK MUH PTK

2

Hartono, M.Kep

STIK MUH PTK

3

Indri Erwhani, M.Kep

STIK MUH PTK

4

Indah R, M.Kep

STIK MUH PTK

5

Wuriani, M.Kep

STIK MUH PTK

6

Lince, M.Kep

STIK MUH PTK

7

Tisa Gusmiah, M.Kep

STIK MUH PTK

8

Lestari Makmuriana, M.Kep

STIK MUH PTK

9

Parliani, MSN

STIK MUH PTK

10

Kharisma , MSN

STIK MUH PTK

11

Usman , M.Kep

STIK MUH PTK

12

Jaka Pradika, M.Kep

STIK MUH PTK

13

Syahid Amrullah, M.Kep

STIK MUH PTK

14

Uji Kawuryan, M.Kep

STIK MUH PTK

15

Ramadhaniyati, M.Kep, Sp.An

STIK MUH PTK

16

Rhida Mardiyani , M.Kep

STIK MUH PTK

17

Tri wahyuni, M.Kep

STIK MUH PTK

18

Hidayah, M.Kep

STIK MUH PTK

19

Supriadi, MHS

STIK MUH PTK

20

Imran, kandidat Ph.D

STIK MUH PTK

21

Dhita Astuti Purnamawati, M.Kep

STIK MUH PTK

22

Lilis lestari, M.Kep

STIK MUH PTK

23

Almuntahanah, M.Kep

STIK MUH PTK

24

Surtikanti, M.Kep

STIK MUH PTK

25

Sri Arianti, M.Kep

STIK MUH PTK

26

Dinar Wulan Puspita, M.Kep

STIK MUH PTK

27

Yeni Lukita, M.ED

STIK MUH PTK

28

Anissa Rahmawati, M.Kep

STIK MUH PTK

Peneliti Dosen Mitra Luar Negeri

1

Prof. Sanada Hiromi, Ph.D

Tokyo University

2

Prof. Junko Sugama, Ph.D

Kanzawa University

3

Gojiro Nakatani, Ph.D

Tokyo University

4

Oe Makoto, Ph.D

Tokyo University

5

Ogai, Ph.D

Kanzawa University

6

Sidai Joun Siop, Ph.D

UNIMAS

7

Rekaya Balang, Ph.D

UNIMAS

Peneliti Dosen Luar Biasa

1

Dr. Chairul Fuad, M.Kes

DIKLIT PEMDA

2

Dr. Kelana Dhara Putra

POLTEKES PONTIANAK